Jump Breaks - Cara Membuat Readmore Tanpa Edit HTML

Written By Alfarqy on Friday, January 15, 2010 | 6:46:00 AM

Bagi para blogger apalagi yang newbie seperti saya, sekarang sudah tidak perlu pusing-pusing lagi kalau mau membuat readmore karena tidak perlu lagi untuk edit HTML. Sekarang di Blogspot ada cara membuat readmore tanpa edit html lagi, atau dengan kata lain blogger sudah punya fasilitas readmore / Jump Breaks sendiri.

Biasanya kalau kita mengutak atik html dan tidak teliti dalam mengeditnya salah-salah malah blog kita akan jadi korban, itu terjadi pada saya sendiri. Beberapa kali saya membuat readmore tapi selalu salah (maklum newbie) apalagi tidak ada guru yang langsung mengajari kita, belum lagi kalau kita sudah membuat readmore terus merasa tidak cocok dengan tampilan template yang sedang dipakai maka otomatis anda harus membuat readmore kembali di template yang baru.

Hanya saja karena fasilitas Jump Breaks ini masih dalam tahap uji coba, jadi kita hanya bisa melakukannya di draft blogger saja atau silahkan login ke http://draft.blogger.com



Ada dua cara untuk mengaktifkan fasilitas jump breaks ini. Pertama, pada area compose, kita hanya mengatur letak readmore tersebut dengan cara mengarahkan cursor dan meletakkannya di tempat pemenggalan postingan, kemudian klik icon "insert jump breaks".



Kedua, pada area Edit HTML, disini kita melakukannya secara manual dan konvensional seperti yang biasa kita lakukan sebelum ada fasilitas ini. Caranya dengan meletakkan kode ini <!--read more--> di bagian text yang akan dipenggal.



Apabila anda ingin merubah kata "Read more" dengan yang lain seperti "Baca selengkapnya", "Baca selanjutnya", "Teruskan membaca" atau mungkin anda punya opsi lain anda tinggal merubahnya saja. Caranya, klik menu Layout kemudian Edit widget Blog Posts.



Selamat mencoba.
Blog, Updated at: 6:46:00 AM

9 comments:

  1. sangat membantu bagi newbie bos....suwun yaaa
    .:mampir-mapir dunk bos...:.

    ReplyDelete
  2. Wahh..Makasih ya mas.. saya dari dulu ingin ekali membuat readmore..tapi ngga bisa bisa..makasih ya mas.. mohon mampir.. http://pointblankers-blog.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Knp ga bisa ya? bisa tolong lebih detail lagi ga?
    terimakasih

    ReplyDelete
  4. terimakasih tipsnya. udah ga perlu detail lagi, hehe..

    ReplyDelete
  5. Mantap tipsnya. Blog saya jadi lumayan.
    Mampir yah: http://windzjaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Thanks for the tips. Udah detil kok.
    Gak usah masuk ke draft.blogger, udah bisa di blogger kok.
    Mampir di http://windzjaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. trimakasih mas atas infonya.... sangat bermanfaat, udah saya coba eh... nyatater berhasil juga.

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^