Mozilla Rilis Browser Firefox Pertama untuk HP

Written By Alfarqy on Sunday, January 31, 2010 | 7:47:00 AM

Anda tahu Mozilla Firefox kan? Mungkin anda saat ini sedang browsing dengan menggunakan Mozilla Firefox. Bagi para Netter Mobile yang biasanya browsing hanya menggunakan Opera Mini dan Opera Mobile, sekarang Mozilla Firefox untuk pertama kalinya merilis browser Firefox 1.0 untuk ponsel. Firefox untuk platform Maemo 5 memiliki beberapa hal menarik yang membedakannya dari browser mobile lainnya.

Mozilla menjagokan keunikan pada dukungan pihak ketiga, ekstensi browser yang bisa dikustomisasi untuk memenangkan pangsa pasar mobile. Untuk add-ons pendukung di browser mobile Firefox, Mozilla juga mengeluarkan Sync Weave 1.0, yang baik untuk desktop maupun mobile.

Hanya saja, kemungkinan suksesnya Mozilla versi mobile ini masih dipertanyakan. Kelemahan platform Maemo bukan hanya karena belum banyak orang tahu, juga karena Mozilla Firefox 1.0 ini masih belum memiliki dukungan flash. Maemo open-source Nokia yang berbasis Linux juga hanya digunakan di dua perangkat N900 dan N810 Internet tablet.

Beberapa hari yang lalu, karena tidak puas dengan standar kualitas pada plug-in Adobe Flash secara keseluruhan. Mozilla pun akhirnya menarik dukungan plug-in tersebut. Sebaliknya hal itu menjadi pukulan bagi Adobe, yang jengkel karena Apple tidak memasukkan Flash dalam spesifikasi iPad yang lengkap?

Bagi para browser yang suka menonton video (aplikasi video sangat bergnatung pada flash), Mozillajuga merilis add-ons bernama YouTube anabler yang dapat diinstall pengadopsi awal untuk melihat video YouTube.

Mozilla berharap bisa menghasilkan solusi lain bagi mereka yang tak ingin menginstal plug-in Flash opsional, tapi tetap ingin menjalankan konten berbasis Flash.

Mozilla akan menyediakan Firefox untuk platform mobile lain. Berikutnya akan masuk Windows Mobile dan setelah itu Android.

Untuk download Firefox 1.0 mobile Mozilla, silahkan klik disini.
Blog, Updated at: 7:47:00 AM

1 comments:

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^