Tips Agar Anak Autis Dapat Diajak Bicara

Written By Alfarqy on Thursday, January 14, 2010 | 4:59:00 PM

Banyak di lingkungan sekitar kita anak-anak autis atau yang mengidap Sindrom Antisosial yang biasanya mulai menghinggapi anak-anak pada saat umur mereka menginjak 2 tahun. Sindrom Antisosial ini menyebabkan anak-anak menjadi abai terhadap lingkungan sekitarnya, bahkan ada yang bilang mereka mempunyai dunia yang berbeda. Terlihat dari sifat-sifatnya yang tidak pernah bisa fokus dan sulit diajak berbicara dan bekerjasama oleh orang tuanya.

Ada tips bagi para orangtua Agar Anak Autis Dapat Diajak Berbicara dan berkomunikasi lebih baik lagi.
Berikut adala tips-tipsnya:

1. Jadi teladan. Cobalah untuk masuk ke dalam dunianya, Fokus dengan apa yang sedang ia bicarakan maka pelan-pelan ia juga akan meniru apa yang kita lakukan terhadapnya.

2. Perhatian penuh. Jika anda ingin berbicara dengan anak anda usahakan agar si anak benar-benar memperhatikan anda sepenuhnya. Caranya, matikan tv dan radio atau apapun yang akan mengganggu atau mengalihkan perhatian anak dari anda.

3. Jadilah sahabat mereka. Perhatikanlah anak anda, mereka akan lebih perhatian terhadap sahabatnya daripada terhadap anda. Maka bersikaplah anda seperti sahabat bagi anak anda.

4. Sampaikan pesan dengan singkat, padat, jelas dan berintonasi. Misalnya, "Kita mandi, yuk!". Jangan mengajak mereka untuk berdialog ketika anda menyampaikan pesan. Misalnya, "Ih,, kok badannya bau, belum mandi ya? kita mandi yuk! biar nanti badannya wangi dan nggak bakal digigit nyamuk".

5. Penyesuaian kata. Harus diingat bahwa yang diajak bicara adalah anak-anak, jadi sesuaikan juga dengan kata-kata untuk anak seusianya.

6. Beri contoh. Ini berhubungan dengan no.1, apabila anda menginginka anak anda agar melakuan sesuatu maka anda harus memberi contoh terlebih dulu kepada mereka.

7. Biasakan berbicara sekali kepada mereka, tidak diulang-ulang. Maka buat dia benar-benar memperhatikan anda terlebih dulu, dan apabila anak menunda maka beri hukuman (non fisik).

8. Asah keterampilannya untuk mendengarkan sesuatu. Caranya, perdengarkan kepada mereka musik atau bacakan cerita kepadanya, dan apabila anak sedang menonton tv temani mereka karena tv akan sangat mempengaruhi proses belajar anak apabila orangtua ada di sisi nya.

9. Berkomunikasilah setiap hari. Sering-seringlah mengajak anak mengikuti apa yang digemarinya.

Jangan lupa untuk selalu sabar kapan dan dimanapun, Kunci terakhir adalah berdoa karena dengan berdoa maka semua yang anda lakukan akan menjadi lebih mudah, insya Allah. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda, terimakasih.
Blog, Updated at: 4:59:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^