Matikan BlackBerry Anda Sekarang!

Written By Alfarqy on Wednesday, February 03, 2010 | 7:22:00 AM

Matikan BlackBerry Anda Sekarang! Mungkin ini kata yang pas bagi para pengguna BlackBerry, karena Psikolog asal Inggris yang meneliti perilaku para pengguna BlackBerry dalam menggunakannya secara terus-menerus menyebutkan bahwa perangkat itu bisa meningkatkan tingkat stress dan kemungkinan besar juga menurunkan produktivitas.

Amir Khaki dari AK Consultingmeneliti kebiasaan sekelompok eksekutif menengah hingga senior dalam menggunakan BlackBerrynya dan menggolongkannya menjadi pengguna dengan frekuensi tinggi dan rendah.

Pengguna dengan frekuansi "tinggi" biasanya mengaktifkan BlackBerry selama dalam perjalanan menuju tempat bekerja, saat terjaga di malam hari dan selama akhir pekan. Sementara pengguna dalam kategori frekuensi "rendah” umumnya hanya sekedar menyempatkan waktu saja untuk menggunakan BlackBerrynya dan atau merespon email.

"Orang-orang yang jatuh ke kategori pengguna yang tinggi cenderung memiliki persepsi menyimpang tentang penggunaan pribadi dan mereka menyamakan penggunaan BlackBerry seperti didedikasikan untuk pekerjaan," kata Khaki.

Menurut pengamatan Khaki, antusiasme menggunakan BlackBerry itu ternyata tidak berarti efisiensi menyangkut pekerjaan. Dalam satu contoh, untuk menyelesaikan sebuah spreadsheet sederhana seharusnya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Tetapi user "tinggi", bisa tiga kali lebih lama karena memantau BlackBerry-nya.

Efek dari gangguan itu adalah bisa menciptakan kecemasan. "Pekerjaan tidak selesai seperti seharusnya. Ketergantungan itu tercipta bila tidak dapat menemukannya, dan itu dapat menyebabkan stres," katanya.

Sementara perhatian pengguna tinggi juga terdorong untuk teralihkan dari pasangannya dan kadang-kadang menyebabkan kehancuran. "Banyak yang benci/kesal. Bahkan aku dengar cerita ada yang hingga parah," kata Khaki.

Khaki menyarankan perusahaan yang membekali karyawannya smartphone setidaknya menyediakan pelatihan tingkat dasar. "Anda perlu tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. Bagaimanapun kita mendapatkan pelatihan, ketika setiap teknologi lain datang," kata Khaki.

Ia menyarankan perusahaan untuk mendorong karyawannya melakukan pembatasan penggunaan. Secara keseluruhan Khaki merekomendasikan maksimum 12 jam selama sepekan jam kerja.

Pada tingkat pribadi, Khaki memberikan nasihat sederhana: "Pada awal setiap tugas, matikan! Gangguan tidak membantu orang melakukan sesuatu menjadi lebih baik, lebih cepat atau kualitas lebih tinggi."

Ia menambahkan penelitian menunjukkan orang yang banyak merespons email lebih sedikit menyia-nyiakan waktu, dan melakukan pekerjaan lebih baik.

Apalagi dengan semakin banyak orang yang mengupgrade ponselnya ke smartphone, masalah menyangkut produktivitas dan stres pasti akan naik, karena makin banyak eksekutif yang menemukan garis yang kabur antara pekerjaan dan waktu senggang.

Kecenderungan itu juga mengusik Cary Cooper, Profesor Psikologi dan Kesehatan Organisasi di Universitas Lancaster Inggris Management School. "Kami menemukan orang-orang melakukan pekerjaan di waktu luang mereka dan itu memiliki konsekuensi baik pada kesehatan maupun produktivitas mereka," kata Cooper.

Ia mengatakan semua teknologi seharusnya menjadi sistem pendukung sosial manusia. Tapi sebaliknya malah seperti tali pusar yang menghubungkan kembali ke tempat kerja, bahkan ketika di luar jam kerja. "Saya pikir apa yang akhirnya terjadi adalah teknologi adalah mengelola orang-orang daripada orang-orang mengelola teknologi," tambahnya.

Cooper menilai resesi bisa memperparah masalah. "Gunakan BlackBerry secara rasional. Jika sedang berlibur, akses sekali saja setiap dua hari, jelaskan Anda sedang bepergian dan akan merespon saat Anda kembali".

Bagaimana, masih nyala BlackBerrynya? Hanya saja, kalau kita lihat kebiasaan-kebiasaan di atas tidak hanya biasa dilakukan oleh para pengguna BlackBerry saja, tapi pengguna yang hpnya tidak smart juga banyak yang kebiasaannya seperti di atas. he..he..
Blog, Updated at: 7:22:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^