Search Engine Yang 'Aman' Untuk Anak

Written By Alfarqy on Thursday, February 11, 2010 | 8:41:00 AM

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat kita harus benar-benar cepat menyesuaikan dengan perkembangannya. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Pengenalan dunia Internet kepada anak-anak pada usia dini akan sangat membantu mereka sebagai penerus masa depan kita dalam menghadapi kehidupannya kelak. Tapi terlalu terbukanya dunia internet ini juga akan mengakibatkan anak-anak akan terlalu cepat “dewasa”. Maka dibutuhkan suatu aplikasi untuk membatasinya. Contohnya dengan search engine yang aman untuk anak.

Search Engine yang didisain aman untuk anak-anak, diantaranya:

Kindernet. Bagi anda yang memiliki anak tentu tidak ingin ketika anak anda berinternet ria malah kesasar di tempat yang tidak semestinya. Kindernet adalah salah satu search engine yang di desain aman untuk anak-anak. Salah satu contoh bila anda ketikkan kata kunci “Britney Spears” maka anda malah dibawa ke situs “hot stuff works”…

QuinturaKids
. Search engine yang satu ini pasti akan mengasyikan buat anak-anak. Desainnya menarik dilengkapi fitur “cloud search” yang akan memudahkan anak-anak dalam berselancar.

GoGooligans. Pada dasarnya gogooligans merupakan search engine Google tetapi dalam mode “safe search”, walaupun situs ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan Google.Inc. Lebih merupakan search engine yang hasilnya sudah difilter daripada search engine khusus anak seperti Kindernet dan Quinturakids.

Ask Kids. Merupakan versi anak-anak dari Ask.com. Homepagenya sudah memuat beberapa kategori yang memang biasanya paling digemari anak-anak. O, iya, di pojok kanan bawahnya ada alat gambar yang bisa dimainkan, sederhana tapi cukup menyenangkan buat anak-anak.

Yang terakhir adalah Famhoo. Kalo yang ini search engine untuk keluarga, hasilnya sudah difilter sedemikian rupa supaya aman. Tersedia juga fasilitas “report website” bila mana ternyata muncul hasil searching yang kontennya membahayakan.

Nah jadi jangan terlalu khawatir juga dengan dunia internet. Jangan sampai gara-gara takut terinfeksi oleh hal-hal yang negatif, anak-anak malah dilarang sama sekali agar tidak menggunakan internet. Tapi tetap, bimbingan orang tua juga wajib.

Source: astrodude.info.

Terima kasih.
Blog, Updated at: 8:41:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^