Bangunan Beratapkan Hijau (Go Green)

Written By Alfarqy on Thursday, March 25, 2010 | 11:34:00 PM

Bangunan Beratapkan Hijau (Go Green), Semua orang pasti akan menyukai nuansa hijau alam, apalagi bila dipadukan dengan seni arsitektur yang indah. Dikala orang sekarang sedang meneriakkan Go Green dan Stop Global Warming, mungkin salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh sebagian para arsitektur adalah salah satunya dengan membangun berbagai bagunan yang berhubungan atau bertemakan hijau dan pelestarian alam.

Seperti contohnya bangunan-bangunan di bawah ini, pasti anda akan sangat menyukainya dan mungkin bila ada kesempatan mungkin ingin juga mempunyai bangunan atau rumah seperti ini.

1. Geno Haus, Stuttgart, Germany.
Dibangun pada tahun 1969 dan disponsori oleh pemerintah. Terbuat dari styrofoam dasar. Atap hijau ini tetap berfungsi sampai direnovasi dan perbaikan di tahun 1990. German adalah negara yang pertama kali mengunakan atap hijau ini dan sampai sekarang memimpin kemajuannya sampai saat ini, dengan perkiraan rumah-rumah di Jerman 10%nya adalah atap hijau.

2. Nine Houses, Dietikon, Switzerland.
Set sembilan rumah yang dibangun pada tahun 1993 oleh arsitek Peter Vetsch, terbuat dari beton dan dibuat di dalam bumi dan rumput. Rumah ini mengingatkan dengan rumah hobbit (manusia kerdil) modern.

3. The Solaire, New York, United States.
Dibangun pada tahun 2003 dengan dua atap hijau oleh designer Rafael Pelli dan seorang perancang arsitek lansekap, Diana Balmori. The Solaire adalah bangunan hunian hijau pertama di Amerika Utara. Penduduk yang tinggal di daerah komersil akan memiliki kesempatan untuk mencoba oasis atap yang indah sesaat mereka pulang ke rumah setiap hari.

4. Fukuoka Prefectural International Hall, Japan.
Emilio Ambasz menemukan rumah untuk 100.000 meter persegi taman dalam bentuk 15 teras ke atas di sebuah gedung pemerintah di Jepang. Atap hijau ini memiliki fitur 35.000 tanaman yang mewakili 76 spesies yang berbeda. Sebuah jendela kantor di gedung ini akan membuat Anda melihat kota dari sudut yang terbaik.

5. Historial de la Vendée in Les-Lucs-sur-Boulogne, France.
Hampir dua hektar ruang hijau yang menampilkan spesies-spesies asli Perancis digabungkan ke atap Historial de la Vendée di Perancis. Museum ini dibuka pada bulan Juni 2006.

6. Chicago City Hall, United States.
Salah satu contoh dari atap hijau yang dibangun di Amerika Serikat adalah yang ada di atas Chicago City Hall. Meskipun atap biasanya tidak dapat diakses oleh publik, pandangan dari bangunan sekitarnya mengungkapkan pola yang terorganisasi yang sesuai dengan simetri bangunan arsitektur.

7. California Academy of Sciences, United States.
San Franscsco sudah seharusnya memasukan bangunan ini kedalam salah satu tournya. kunjungan ke bangunan dengan 2,5 hektar atap hijau di california Academy Science. Akademi mengklaim kalau bangunan ini hemat energy sekitar 30-35% dalam penggunaan listriknya.

8. School of Art and Design, Singapore.
Lengkungan atap rumput hijau di atas Bangunan kaca ini membuat kita dapat belajar dengan nyaman sekali.

Lalu kapan indonesia akan mempunyai bangunan yang mengusung tema Go Green seperti bangunan di atas? Semoga tidak lama lagi.
Terima kasih.
Blog, Updated at: 11:34:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^