Mari Kita Dukung Gerakan EARTH HOUR 2010

Written By Alfarqy on Friday, March 26, 2010 | 1:20:00 PM

Mari kita dukung gerakan Earth Hour 2010, dengan mematikan listrik yang tidak perlu selama satu jam tanggal 27 Maret 2010 mulai pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat, guna membuktikan dan menumbuhkan rasa cinta kita terhadap bumi kita tercita. Apakah anda akan ikut berpartisipasi?

Apa itu EARTH HOUR? EARTH HOUR adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya, meminta rumah dan perkantoran memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim.

EARTH HOUR dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007, ketika itu 2.2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Dan Earth Hour 2010 akan dilaksanakan tanggal 27 Maret 2010 mulai pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Gerakan EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan agar dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat membantu menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang mudah sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik. Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampunya dalam aksinya mendukung EARTH HOUR.

Pada tanggal 28 Maret 2009, ratusan juta orang di lebih dari 4000 kota besar dan kecil di 88 negara di seluruh dunia mematikan lampunya mendukung EARTH HOUR. EARTH HOUR 2009 menjadi gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah.

Tujuan utama kampanye EARTH HOUR tahun ini adalah untuk melanjutkan target efisiensi energi bahkan jauh setelah kegiatan kampanye EARTH HOUR berakhir. Jadi kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dilakukan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca.

Di tahun 2010 ini, ada empat kota besar lain selain Jakarta yang akan berpartisipasi dalam event global ini, yaitu Bandung, Surabaya, Jogja, dan Bali. Pada Earth Hour tahun lalu, Jakarta mematikan salah satu iconnya, yaitu Bundaran Hotel Indonesia. Bahkan ketika itu Gubernur DKI Jakarta menjadi Duta Earth Hour Indonesia.

Gerakan ini patut didukung oleh segenap lapisan masyarakat di Indonesia karena akan memberikan implikasi yang luar biasa bagi upaya nyata konservasi bumi dan memberikan stimulus pada ruang sadar masyarakat untuk mengupayakan gaya hidup hemat energi.

Berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 29.605 GWH atau 23% total konsumsi listrik Indonesia, terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang. Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, yakni setara dengan:

1. Mematikan 1 pembangkit listrik

2. Menghemat 267,3 ton CO2

3. Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya)

4. Persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya)

5. Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000,-

Seperti pepatah "Sedikit-sedikit lama-lama jadi Bukit". Sebuah "usaha kecil” yang tidak seberapa, tentu tidak akan disebut “usaha kecil” bila dilaksanakan secara massal.

Pernah lihat iklan EARTH HOUR di televisi yang model iklannya Wulan Guritno dan Prita Mulyasari yang keduanya sedang hamil? Sangat menarik memang ketika Wulan dengan mata berbinar dan ceria menegaskan seraya mengelus perutnya ”EARTH HOUR adalah bagian dari masa depan”.

Iklan ini membawa pesan yang sangat dalam bagi kita semua untuk senantiasa merawat bumi, mulai dengan langkah-langkah kecil dan sederhana. Gerakan EARTH HOUR menghimbau kita untuk menabung energi untuk masa depan, menyimpan kemuliaan berkah bumi untuk generasi berikut dan menjadi bagian dari upaya global memerangi dampak perubahan iklim serta pemanasan global. Gerakan ini adalah sebentuk refleksi cinta pada bumi dan implementasi dari rasa syukur tak terhingga pada sang Maha Pencipta.

Sedikit mengutip ayat Al-qur'an surat Al Ruum. 41 : "Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan-tangan manusia". Kerusakan yang ada di bumi ini adalah asli hasil dari perbuatan kita semua, manusia. Kita yang berbuat berarti kita yang harus bertanggung jawab.

Jadi apakah anda akan ikut gerakan mulia EARTH HOUR 2010 kali ini. Jangan lupa 27 Maret 2010 mulai pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. dan jangan lupa ajak saudara, kakak, adik, tante, teteh, ayah, ibu, paman, bibi, kakek, nenek dan teman-tteman dekat anda untuk berpartisipasi dalam gerakan ini.
Blog, Updated at: 1:20:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^