Pengumuman Hasil UN 2010

Written By Alfarqy on Monday, April 26, 2010 | 10:24:00 AM

Hari ini mungkin bisa menjadi hari bersejarah dalam hidup seseorang, khususnya bagi para siswa kelas 3 SMA sederajat, tahu kenapa kan? Ya karena hari ini adalah hari Pengumuman Kelulusan atau Pengumuman Hasil UN atau Ujian Nasional 2010 yang serempak diumumkan di seluruh sekolah di Indonesia, senin 6 April 2010.

Mungin Eddy Wibowo, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Jakarta, menjelaskan bahwa pengumuman kelulusan memang dijadwalkan pada 26 April 2010 (hari ini). "Tetapi kewenangan mengumumkan kepada siswa tetap diserahkan pada kebijakan masing-masing sekolah". Kepada siswa atau siswi yang tidak lulus, Mungin mengatakan bahwa mereka masih bisa mengikuti ujian susulan pada tanggal 10 Mei 2010.

Hal tersebut memang merupakan kebijakan pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada siswa / siswi yang tidak lulus UN SMA 2010 untuk mendapatkan ijazah secara formal. Sementara tampat pelaksanaan ujian susulan akan ditentukan oleh masing-masing daerah, yang jelas nanti siswa satu dengan yang lainnya yang berbeda sekolah akan berkumpul menjadi satu untuk bersama-sama melaksanakan ujian susulan.

Nah kalau untuk standar kelulusan ujian nasioanl pada tahun 2010 masih sama tidak berubah dari Ujian Nasional tahun 2009 lalu. Yakni peserta UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK tahun 2010 dinyatakan lulus jika:

1. Memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya;

2. Khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Berita lain dari berbagi media menyebutkan, bahwa untuk tahun 2010 ini pengumuman hasil ujian nasional SMA SMP dan SD bisa juga didapatkan via SMS dengan nomer khusus dan juga melalui pengumuman di situs internet.

Meski pengumuman dilakukan via SMS dan internet, tapi tidak meninggalkan cara konvensional. Yaitu dengan mengumumkan di papan pengumuman masing-masing sekolah atau dengan amplop tertutup yang diberikan kepada masing-masing wali murid.

Format SMS untuk mengetahui pengumuman kelulusan

Jika ingin mengetahui pengumuman kelulusan siswa atau orang tua bisa mengirim SMS premium. Yaitu dengan mengetik UNP(spasi) SMP/MTs/SMA/SMK(spasi) nomor ujian. Lalu kirim ke 7890 (semua operator) kecuali untuk pengguna XL, kirimkan ke 9600. Tiap SMS dikenai tarif Rp1.000.

Bagaimana, lulus atau nggak nih? Lulus atau tidak itu tetap menjadi bukti kamu belajar selama ini. Bagi yang lulus “Seamat deh..” tapi yang nggak lulus jangan berkecil hati, kan masih ada susulannya, iya kan??

Satu lagi pesannya; Terimalah kenyataan! hehe...
Blog, Updated at: 10:24:00 AM

1 comments:

  1. koq jaman sekarang ujian nasional kayaknya jadi ribet n menakutkan banget ya,padahal jaman ku dulu ujian nasional gak ribet2 amat tuh.

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^