Sejarah Zakumi, Maskot Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Written By Alfarqy on Thursday, June 03, 2010 | 8:03:00 AM

Tahukan gan kalau setiap Piala Dunia yang sudah dilaksanakan selama 40 tahun ini pasti memiliki maskot yang unik. Biasanya maskot ini berasal dari kota tuan rumah Piala Dunia dilaksanakan dan biasanya mempunyai sejarah. Karena Piala Dunia 2010 ini dilaksanakan di Afrika Selatan, maka Maskot pun berasal dari Afrika Selatan. Ada yang sudah tahu, atau pernah melihat Maskotnya? Ya, ini dia Zakumi Maskot Piala Dunia 2010.
Tanggal 16 Juni 1994 merupakan tanggal dilahirkannya Zakumi si macan tutul yang merupakan momen bersejarah bagi Afrika Selatan.

Pada 16 Juni 1976 merupakan awal pemberontakan kaum muda Soweto di Afrika Selatan. Pada tanggal itu, anak-anak sekolah di Afrika Selatan turun ke jalan untuk memprotes apartheid (sistem pemisahan ras antara kulit putih dan kulit hitam yang saat itu diberlakukan oleh pemerintah Afrika Selatan).

Banyak di antara anak-anak sekolah tersebut yang kemudian menjadi korban karena diberondong senapan polisi.

Sementara itu, tahun 1994 merupakan tahun ketika warga negara Afrika Selatan dari segala ras, baik kulit putih maupun kulit hitam, memberikan suara mereka untuk pertama kalinya dalam pemilu demokratis pemerintahan post-apartheid. Oleh karena itu, tanggal 16 Juni dan tahun 1994 dipandang sebagai simbol perubahan besar di Afrika Selatan.

“Pesta akbar Piala Dunia digelar di Afrika Selatan pada tahun 2010, tepat 16 tahun sejak Afrika Selatan meraih demokrasi,” ujar Danny Jordaan, Direktur Eksekutif Panitia Pelaksana Lokal Piala Dunia 2010.

Dengan kata lain, Zakumi merupakan duta besar dari seluruh harapan, mimpi, dan aspirasi rakyat Afrika Selatan. Lantas, seperti apakah Zakumi? Zakumi ialah macan tutul jantan dengan rambut gimbal berwarna hijau.

Ia memiliki senyum yang lebar. Zakumi adalah macan tutul yang penuh semangat, vitalitas, senang bersosialisasi, percaya diri, ambisius, dan tentunya menyukai sepak bola. Itulah gambaran dari Zakumi – maskot resmi Piala Dunia 2010.

Slogan Zakumi ialah ‘Zakumi: the mascot with an attitude’ (Zakumi: maskot beretika). FIFA mendeskripsikan karakter Zakumi sebagai macan yang lincah, ramah, petualang, dan spontan. Singkatnya, Zakumi adalah sosok kawan yang cerdas.

Satu lagi, Zakumi mempunyai kecenderungan untuk membesar-besarkan sesuatu. “Dengan kehangatannya, Zakumi merupakan simbolisasi Afrika Selatan dan keseluruhan benua Afrika,” jelas FIFA di situsnya.

Zakumi selalu membawa bola, sebagai tanda kecintaannya pada sepak bola. Ia juga selalu mengundang orang untuk bermain bola dengannya. FIFA menyatakan, prioritas Zakumi adalah untuk menjadikan ajang Piala Dunia 2010 sebagai satu pesta besar berskala internasional yang menyenangkan dan tak terlupakan.

“Zakumi ingin menciptakan suasana yang menggairahkan untuk para fans di Piala Dunia 2010 yang pertama kali digelar di tanah Afrika,” ujar legenda sepak bola Afrika Selatan, Lucas Rabede, yang mengaku sebagai kawan dekat Zakumi.

“Zakumi sangat bangga dengan Afrika Selatan, dan ingin meyakinkan dunia untuk datang bersama dan bersatu di Afrika Selatan,” imbuh Rabede.

Desain fisik dan rancangan kostum Zakumi diproduksi secara eksklusif di Afrika Selatan. Awalnya, sejumlah perusahaan Afrika Selatan diminta untuk mendesain maskot Piala Dunia 2010 yang bisa mewakili Afrika Selatan dan seluruh Afrika sebagai satu kesatuan. Maskot tersebut harus mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam.

Setelah melalui proses eliminasi bertahap, FIFA akhirnya memutuskan untuk menggunakan desain milik perancang Cape Town, Andries Odendaal. Kostum Zakumi sendiri diproduksi oleh Cora’s Costume di Boksburg, sebelah timur Johannesburg.

Cora’s Costume merupakan perusahaan milik Cora Simpson yang telah 22 tahun malang-melintang di bidang pembuatan kostum. Cora’s Costume jugalah yang merancang desain terkenal untuk figur kartun asal Amerika Serikat seperti Bugs Bunny dan burung Tweety.

Pria di balik proses kreatif Zakumi adalah David Mbewe. Ia telah bekerja dengan Cora’s Costume selama 20 tahun. Setelah meneliti dan memilih campuran kain dan warna yang tepat, ia dan para asistennya lantas merancang kostum Zakumi. “Bukan pekerjaan yang mudah,” kata Cora Simpson.
Blog, Updated at: 8:03:00 AM

1 comments:

  1. Ikuti terus perkembangan piala dunia 2010 ini bung.....!!!!!

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^