Di Cina Muncul 4 Matahari - Video

Written By Alfarqy on Wednesday, August 25, 2010 | 6:02:00 PM

Sering kita temukan banyak kejadian-kejadian aneh akhir-akhir ini. Dan kalau kejadiannya berhubungan dengan alam, maka biasanya orang-orang akan selalu mengaaitkannya dengan tanda kiamat sudah dekat. Seperti kejadian alam aneh satu ini, di Cina muncul 4 matahari. Saking ramenya berita mengenai 4 matahari ini langsung menghebohkan dan jadi perbincangan luas di Internet terutama Facebook dan Twitter.


Berita munculnya 4 matahari di Cina ini ramai jadi pembahasan setelah banyaknya para pengguna BlackBerry membicarakannya. Berikut adalah video Munculnya 4 matahari di Cina:



Thomas Djamaludin, peneliti senior astronomi dan astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan “Fenomena itu dinamakan sun dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil,” katanya.

Menurut Thomas, kejadian ini disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh kristal es. Biasanya muncul di arah ufuk di mana matahari terbit belum terlalu jauh dari horizon atau kaki langit.


“Ketentuannya, di sekitar arah matahari muncul kristal-kristal es yang membiaskan cahaya. Biasanya, terjadi dua fenomena yaitu halo dan sun dog.” Untuk halo sendiri, menurut Thomas, Indonesia sering mengalami kejadian yang sama meskipun tidak dengan sun dog. “Ini sekadar pembiasan cahaya matahari yang muncul akibat kondisi lapisan atas awan cyrus sangat dingin. Bukan fenomena aneh kok,” ujar Thomas. 4 Matahari atau Matahari Ada 4 ini disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh kristal es. Biasanya muncul di arah ufuk di mana matahari terbit belum terlalu jauh dari horizon atau kaki langit.
Blog, Updated at: 6:02:00 PM

4 comments:

  1. tuh... kan bukan hal yang aneh....

    ReplyDelete
  2. sungguh kekuasaan yang di atas...

    ReplyDelete
  3. jgn do'ain dunia mau kiamat donk???

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^