Hewan-Hewan Yang Berkontribusi di Bidang Kesehatan

Written By Alfarqy on Monday, September 27, 2010 | 10:31:00 AM

Hewan-hewan yang berkontribusi di bidang kesehatan. Allah swt menciptakan berbagai jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Dan segala makhluk yang diciptakan-Nya di dunia ini, tidak ada satu pun yang tidak bermanfaat. Hanya saja kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya dan belum tahu cara untuk memanfaatkannya.

Seperti kebanyakan tumbuhan yang kini sudah banyak berkontribusi bagi perkembangan dunia kesehatan, berbagai jenis binatang binatang pun telah banyak ambil bagian. Dari silamban bekicot dengan lendir yang menjijikannya, samapi ke ikan hiu yang menyeramkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis binatang yang bermanfaat.

1. Kerang hijau (Perna canaliculus)
Satwa ini mengandung senyawa eicosatetraenoic acid yang telah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi nyeri sendi. Sementara di Selandia Baru yang merupakan habitat aslinya, kerang ini telah digunakan untuk mengobati sendi sejak 100 tahun lalu.

2. Hiu
Senyawa kondroitin yang ditemukan di dalam tubuh predator laut ini bisa merangsang pembentukan tulang rawan sekaligus mengatasi nyeri dan radang sendi. Dalam bentuk suplemen, senyawa ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah osteoarthritis.

3. Sapi
Bukan hanya daging dan susu yang bisa dimanfaatkan dari sapi, kolagen atau jaringan penghubung antara kulit dan dagingnya juga berguna. Banyak dipasarkan dalam bentuk suplemen, gunanya untuk meredakan nyeri sendi.

4. Rusa jantan
Bagian terluar tanduk rusa juga baik untuk memelihara sendi dan mengurangi nyeri di bagian tersebut. Kandungan kalsiumnya yang tinggi dapat mengurangi radang dan membuat jaringan tulang rawan lebih elastis sehingga sendi.

5. Bekicot
Manfaat lendir bekicot untuk perawatan kulit dan patah tulang ditemukan pertama kali oleh para peternak bekicot di Cili. Lendir tersebut kaya akan allantonin, kolagen dan elastin yang juga berperan saat bekicot memperbaiki cangkangnya sendiri.

6. Ulat sutra
Sebuah penelitian di German State Hospital mengungkap, enzim serrapeptase yang dihasilkan ulat sutra efektif meredakan nyeri dan pembengkakan hingga 50 persen dalam 3 hari setelah operasi. Enzim tersebut bekerja dengan mengurai jaringan radang serta jaringan mati pada manusia.

7. Babi
Katup jantung pada babi memiliki ukuran hampir sasma seperti pada manusia sehingga bisa dicangkokkan untuk mengatasi kerusakan katup jantung pada manusia. Di antara hewan lain, katub jatung babi paling trombogenik atau tidak mudah menyebabkan penggumpalan darah.

Kemiripan lain antara babi dengan manusia bsia ditemukan pada insulin. Oleh karenanya revolusi pengobatan diabetes juga diarahkan pada pemanfaatan insulin babi.
Blog, Updated at: 10:31:00 AM

2 comments:

  1. Selain itu, denger2 ada rumor punya binatang peliharaan juga bisa memperpanjang usia..

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^