Awas, Jangan Letakkan Laptop di Atas Paha Anda!

Written By Alfarqy on Monday, October 04, 2010 | 5:39:00 PM

Awas, jangan letakkan laptop di atas paha anda! Selagi anda memakai laptop, dimanakah biasanya anda meletakkannya? Mungkin anda adalah salah satu orang yang mengganti meja dengan paha anda untuk meletakan laptop ketika digunakan. Praktis adalah alasan kita untuk melakukan itu, padahal anda patutlah berhati-hati dengan kebiasaan seperti itu.


Kebiasaan memangku laptop dapat menjadikan anda mendapatkan konsekuensi yang cukup berat. Gangguan kulit dapat timbul akibat panas yang muncul dari laptop yang anda pangku tersebut.

Meski rasa panas yang berasal dari mesin prosesor laptop tidak menyebabkan kulit terbakar, namun bisa menyebabkan penggelapan warna kulit yang permanen atau disebut juga dengan istilah toasted skin syndrome. Meski jarang, kulit yang terpapar panas dari laptop juga bisa memicu kanker kulit.

Panas dari laptop bisa mencapai 50 derajat celcius. Karena itu disarankan untuk tidak memangku laptop terlalu lama. Gangguan kulit merupakan salah satu dari 10 jenis dampak negatif penggunaan laptop bagi kesehatan yang dicatat para ahli.

Di masa lalu, toasted skin syndrome biasanya diderita oleh para pekerja yang tugasnya berdekatan dengan sumber panas, seperti pekerja di pabrik roti atau pembuat kaca.

"Kulit yang gelap itu jika dilihat di bawah mikroskop mirip dengan kerusakan kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari," kata Dr.Kimberley Salkey, profesor dermatologi dari Eastern Virginia Medical School, AS.

Laporan medis beberapa tahun lalu menyebutkan kasus seorang pria yang temperatur skrotum atau buah zakarnya meningkat gara-gara terlalu sering memangku laptop. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan produksi sel sperma berkurang sehingga menjadi infertil.
Blog, Updated at: 5:39:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^