Gempa Jepang 8,9 SR Persingkat Umur Bumi

Written By Alfarqy on Tuesday, March 15, 2011 | 9:56:00 AM

Gempa Jepang 8,9 SR Persingkat Umur Bumi
Gempa Jepang 8,9 SR Persingkat Umur Bumi - Gempa Jepang berkekuatan 8,9 SR bukan hanya menyebabkan tsunami yang kemudian meluluhlantakkan sebagan wilayah di Jepang, tetapi lebih dari itu, Bahkan gempa yang juga merupakan gempa terbesar kelima ini juga menggeser letak pulau yang dekat dengan Amerika Serikat ini dan menggeser poros bumi.

Seperti dilansir dari Associated Press, gempa tersebut menyebabkan keretakan di kedalaman 15 mil (24 kilometer/km) bawah laut yang membentang sepanjang 186 mil (299 km) dan lebar 93 kilometer.

Kepada New York Times, ahli geofisika Ross Stein menyatakan gempa ini mengubah struktur areal yang dekat dengan episentrum gempa. Areal ini mendekati wilayah Amerika Serikat sejauh 13 kaki atau 3,9 meter.

Gempa terbesar kelima di dunia ini disebabkan ketika lempeng tektonik Pasifik di bawah lempeng Amerika Utara yang bergeser sekitar 3,9 m. Gempa ini juga menggeser poros bumi sebesar 6,5 inci, sehingga memperpendek hari sekitar 1,6 mikro detik.
Lebih lanjut gempa ini juga menenggelamkan Jepang sekitar 2 kaki. Seiring tenggelamnya pantai timur Jepang, gelombang tsunami kemudian masuk.

Mengapa gempa memperpendek hari? Massa bumi bergeser ke arah pusat sehingga memacu planet berputar sedikit lebih cepat. Gempa besar 8,8 SR di Chili tahun lalu pun mempersingkat hari dalam hitungan di bawah satuan detik.
Blog, Updated at: 9:56:00 AM

1 comments:

  1. link sudah terpasang sob, silkan dicek kembali. maaf bru bisa balas skrg. :) thx

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^