Penampakan Galaksi Bima Sakti Dilihat dengan Mata Telanjang

Written By Alfarqy on Sunday, April 10, 2011 | 3:07:00 PM

Penampakan Galaksi Bima Sakti Dilihat dengan Mata Telanjang - Siapa bilang kita tidak dapat melihat Galaksi Bima Sakti dengan mata telanjang, inilah buktinya. Astronom amatir Juan Carlos Casado merekam penampakan Bima Sakti lewat jepretan kamera. Ia berhasil mengabadikan 9 foto galaksi tempat manusia berpijak di Taman Nasional Canary Island, Spanyol.

Dalam laman Daily Mail terungkap sebuah foto menakjubkan, panorama gugusan bintang serupa debu 360 derajat terlihat menghiasi langit malam di kepulauan tanpa polusi cahaya itu.

Penampakan Galaksi Bima Sakti Dilihat dengan Mata Telanjang
Hasil dari penggabungan 9 foto tersebut.

Gugusan bintang tersebut penuh warna. Menurut para ahli astronomi, penampakan itu adalah keajaiban malam yang sangat langka. Bayangkan galaksi tempat triliunan bintang dan miliaran planet terlihat secara kasat mata.

Bimasakti adalah galaksi tempat planet bumi berpijak. Galaksi ini sungguh besar. Bintang-bintang di dalam Bima sakti berwarna merah atau kuning.

Bimasakti berbentuk pusar. Terdapat empat tangan. Atau dikenali sebagai “Tangan Pemburu” (Hunter Arms). Kumpulan planet yang dikenali sebagai “Sistem Suria” terletak pada tangan ini, dan Bumi kita adalah satu daripada planet-planet di dalam kumpulan ini.

Sistem Suria kita terletak sedikit agak jauh daripada pusat galaksi ini. Matahari (dan sistem Suria kita) mengelilingi pusat galaksi ini, dan menyempurnakan satu putaran setiap 220 juta tahun atau lebih.

Sumber.
Blog, Updated at: 3:07:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^