Buku "Pak Harto, The Untold Stories"

Written By Alfarqy on Thursday, June 09, 2011 | 10:03:00 AM

Ulang tahun yang ke-90 mantan Presiden ke-dua Indonesia, Soeharto, 8 Juni 2011 kemarin diperingati dengan peluncuran buku yang berjudul "Pak Harto, The Untold Stories" bertempat di Museum Purna Bhakti Pertiwi di Taman Mini Indonesia Indah. Buku yang ditulis oleh 5 orang penulis sekaligus ini menceritakan tentang kisah sisi-sisi pribadi Soeharto dan juga foto-foto yang tak pernah dipublikasikan sebelumnya. Ada kisah yang tak terduga, jenaka, dan juga mengharukan.

buku Pak Harto, The Untold Stories
Cover Buku Pak Harto The Untold Stories

Dalam buku Pak Harto The Untold Stories ada 113 narasumber yang akan mengungkapkan kisah mereka dengan sosok Soeharto. Beberapa orang yang turut berkisah didalam buku tersebut seperti mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad, mantan Presiden Filipina, Fidel Ramos. Bahkan, mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, dan Raja Brunei Darussalam, juga Sultan Bolkiah turut menuliskan sendiri pengalamannya.

Salah satu kesaksian datang dari mantan ajudan dan Juga Panglima TNI Jendral (Purn) Wiranto. Ia mengisahkan, setiap hendak bermain golf di Rawamangun, Pak Harto hanya dikawal satu jip di belakang. Suatu kali ketika tiba di jalan Pemuda dan hendak belok kiri ke arah Rawamangun, polisi terlalu lama menghentikan kendaraan akibatnya terdengar klakson bersahut-sahutan, "Lain kali polisi tidak perlu menyetop terlalu lama. Mereka kan punya keperluan yang mendesak, sedangkan saya kan hanya mau berolahraga. Jadi biar saya menunggu sebentar, kan tidak apa-apa " ujar Pak Harto seperti ditirukan Wiranto.

Kesaksian lain diungkapkan oleh Siti Hutami Endang Adiningsih " Setiap bulan Bapak sendiri yang mengingatkan saya untuk membayar uang sekolah. Setelah bapak memberikan saya uangnya, ibu mengingatkan saya untuk membawa beras karena pada saat itu saya duduk di sekolah dasar di Perguruan Cikini, biaya sekolah dibayarkan dengan uang dan beras satu liter. Bapak tidak berkenan jika hal itu dilakukan oleh orang lain. Bapak pula yang memberikan saya pendidikan agama dan mengajari saya membaca Al Quran.
Blog, Updated at: 10:03:00 AM

1 comments:

  1. buku yang mantep. Ikut share ya! ...Desain grafis bergerak dengan cepat. Perkembangan teknik desain serta kemajuan teknologi mempengaruhi hasil karya desainer. Contohnya cover buku 8 warna, desain brosur, desain logo bisa dibuat dengan menggunakan teknik cetak dan kekuatan desain. Serta pembelajaran yang menggunakan video tutorial.

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^