iPhone 4 Harga dan Spesifikasi

Written By Alfarqy on Wednesday, June 09, 2010 | 5:50:00 PM

iPhone 4 harga dan spesifikasi - Tergantikan sudah generasi iPhone 3GS setelah iPhone 4 secara resmi diumumkan oleh Apple sebagai produk terbarunya. Seperti yang dilansir oleh situs Engadget selasa (8/6/2010), Harga iPhone 4 terdiri dari dua jenis harga. iPhone untuk kapasitas 16GB dibandrol dengan harga USD 199 (sekitar Rp 1,8 Juta), sedangkan harga iPhone dengan kapasitas 32GB akan dijual seharga USD 299 (sekitar Rp 2,7 Juta).


Harga iPhone yang dilansir itu tentu berlaku di Amerika Serikat dengan berbagai syarat-syarat tertentu, termasuk kontrak dengan AT&T. Sementara karena harga iPhone 4 dibandrol dengan harga yang lumayan terjangkau, maka harga untuk iPhone 3SG kini telah jatuh harga ke kisaran USD 99 (sekitar Rp 920.000).

Bagi yang berminat membeli iPhone 4, maka semenjak 15 Juni 2010. Perangkat ini sudah mulai bisa dipesan, dan akan tersedia pada 24 Juni 2010 dengan dua warna pilihan yang berbeda, yaitu hitam dan putih.

Sementara untuk awal peluncuran iPhone 4 akan tersedia untuk 5 negara saja, yaitu Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Inggris dan Jepang, jumlah itu akan bertambah menjadi sekitar 18 Negara.

Dengan harga iPhone 4 yang sudah disebutkan diatas, maka adapun fitur utama iPhone 4 yang diperkenankan pendiri Apple Steve Job adalah sebagai berikut:

1. Desain
Desain iPhone 4 jelas berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Selain lebih tipis (kini 9.3mm), iPhone 4 menggunakan panel kaca di bagian depan dan belakangnya.

Dari sisi desain bagian dalamnya, Apple merancang antena yang mengitari seluruh tubuh ponsel tersebut. Itulah mengapa pada bagian tertentu iPhone 4 terlihat semacam celah yang tampak di luar kebiasaan Apple menghadirkan produk mulus.

2. Retina Display
Layar iPhone 4 mendapatkan peningkatan cukup drastis. Dari sisi resolusi, layar itu sekarang menampilkan 960x640 pixel, sedangkan kepadatannya mencapai 326 pixel per inchi.

Ditambah teknologi layar IPS dengan rasio kontras 800:1, gambar yang dihasilkan pada layar 3.5 inchi itu diklaim menjadi sangat jernih. Apple menyebut teknologi ini Retina Display.

3. Prosesor A4
Apple memastikan bahwa prosesor yang digunakan adalah A4, sama seperti yang digunakan pada iPad. Jobs pun mengatakan, pihaknya mampu memperbesar ukuran baterai pada iPhone 4 karena menggunakan micro-SIM.

"Karena kami berhasil membuat baterai yang lebih besar, dan karena A4 itu benar-benar bagus, kami telah meningkatkan usia baterainya. 7 jam bicara pada jalur 3G, 6 jam browsing 3G, 10 jam browsing WiFi, 10 jam video, 40 jam musik, 300 jam standby," tutur Jobs.

4. Gyroscope
Jika selama ini iPhone 3GS dan generasi sebelumnya 'sekadar' menggunakan akselerometer, Apple menambahkan sensor giroskop pada iPhone 4. Ini artinya, iPhone 4 akan bisa mendeteksi 3 sumbu gerakan.

Ditambah dengan akselerometer, iPhone 4 menurut Jobs akan bisa mendeteksi 6 sumbu gerakan. Hal ini diperkirakan akan melahirkan banyak jenis game baru pada iPhone 4.

5. Sistem Kamera
Kamera pada iPhone 4 ada dua buah. Satu di depan dan satu di belakang, dengan kamera di belakang memiliki tambahan lampu kilat LED.

Kamera dengan resolusi 5 megapixel itu juga memiliki kemampuan zoom digital 5x dan backside illumination untuk memperbaiki sensornya. Untuk video, kamera itu bisa menangkap hingga 720p pada 30 fps.

Seakan belum cukup juga, Apple pun mengumumkan keberadaan aplikasi iMovie untuk iPhone. Aplikasi edit video itu akan tersedia seharga USD 4.99 dengan fitur yang cukup lengkap, termasuk edit video pada kualitas 720p.

6. Sistem Operasi
Sistem operasi pada iPhone, iPod Touch dan iPad kini akan dinamai iOS. Sedangkan versi terbarunya adalah iOS 4 yang akan segera didistribusikan oleh Apple.

Tak banyak hal baru pada iOS 4 dibandingkan pengumuman Apple sebelumnya. Satu hal yang cukup menarik, mesin cari Bing kini jadi satu pilihan bagi Safari di samping Google dan Yahoo!.

7. iBooks
Fitur andalan nomor tujuh adalah ketersediaan aplikasi iBooks untuk iPhone dan juga iPod Touch. Nantinya, buku yang telah dibeli di satu perangkat, misalnya di iPad, juga bisa disinkronkan ke perangkat lainnya tanpa biaya tambahan.

8. Iklan di iPhone
Fitur kedelapan juga tidak terlalu mengejutkan, ini adalah sebuah sistem iklan interaktif bernama iAds. Apple mengklaim beberapa pengiklan yang sudah siap hadir di platform tersebut, dengan nilai komitmen total mencapai USD 60 juta.

9. Video Chat
Kebiasaan Jobs dalam keynote-nya adalah menyampaikan 'satu hal lagi'. Kali ini, fitur yang muncul belakangan itu adalah aplikasi bernama FaceTime.

Aplikasi ini memanfaatkan kedua kamera iPhone 4 untuk melakukan perbincangan lewat video. Video chat bisa dilakukan antar iPhone 4 yang sama-sama tersambung ke internet lewat Wifi (tentunya, tak harus di satu area WiFi).

Kalau ingin yang lebih terjangkau coba iPhone mini.
Blog, Updated at: 5:50:00 PM

17 comments:

  1. This Google Income Strategy Has Been Overlooked By All the "Gurus", and reveals exactly how to make Ridiculous amounts of money without having a website or a product of your own even if you've never worked a day online in your life!
    go to: http://snipurl.com/v0o1a

    ReplyDelete
  2. Wow..harganya sangat menggiurkan pada saat pelepasa pabrikan.. Tp bakalan brapa ya bgitu sampai di pasaran indonesia..??
    Dan beberapa diantara yg saya dengar, sangat jauh dari harga pabrikan yg bisa sampai 10jt-an. Wow! Nabung2.. Hahaha..

    Btw, apabila anda tidak keberatan untuk bisa kasih saran k saya bagaimana bisa mendapatkannya dengan harga yg cukup miring dan membuka segel kontrak agar bisa memakai jaringan operator lain.. (keinginan konsumen pada dasarnya)
    Well..nice milis..
    Later..

    regards
    Gefademe2d

    ReplyDelete
  3. iPhone 4 sdh ada kah di Balikpapan...?

    ReplyDelete
  4. yang bener aza harga iphone 32GB cuma 2,7 juta. lha wong yang kemaren kemaren aza ama telkomsel dibandrol 7,5jt. klo cuma 2,7 mau dunk beli 5 buat sekeluargaan.

    ReplyDelete
  5. @ :Anonymous said...

    hahahaha

    ReplyDelete
  6. Kapan turunnya nih.. plg ane tunggu

    tp hargany kok kyk ny gak mungkin bgt ya segitu..

    ReplyDelete
  7. y ea la ! kan harga di sono(luar negri),, trs telkomsel jual jadi mahal krna kena pajax . . . .

    ReplyDelete
  8. Masak harga cuman 2,7 juta ? Murah banget , lebih murah daripada blackberry --"

    ReplyDelete
  9. salam persahabatan..kalo ga salah harga iPHONE 4 yg akan di tawarkan TELKOMSEL 17 des mendatang sekitar 6jt999rb gan....BTW,,,nice post

    ReplyDelete
  10. setahu saya iphone4 tuh ga pake qwerty (slide)!!

    ReplyDelete
  11. masa sih bang semurah itu.
    saya lihat di http://www.appleshopindonesia.com/3-iphone
    harganya jauh berbeda

    ReplyDelete
  12. ini iphone cina nipu! aslinya pertama kluar 8,1 jt skr 7, 2 jt utk iphone 4

    ReplyDelete
  13. kapan nih bisa punya yang beginian?? Mauuuuu...

    ReplyDelete
  14. mau tanya, gmn pesannya neh, kl tau infonya, sms di 085725526453
    makasih

    ReplyDelete
  15. malah di amrik cuma (klo dirupiahhin) Rp1jt,-an.
    aku ga'kaget :Đ

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^