Kumpulan Contoh Pidato

Written By Alfarqy on Monday, April 18, 2011 | 11:03:00 AM

Kumpulan Contoh Pidato
Kumpulan Contoh Pidato - Setiap orang memiliki kemampuan dan keahlian berbeda. Meski mempunyai otak yang pintar atau jenius tapi bukan berarti dia bisa dalam segala hal. Mempunyai kemampuan berkomunikasi seharusnya bisa bikuasai oleh semua orang, karena keahlian berkomunikasi sangat penting.

Salah satu kemampuan berkomunikasi adalah berpidato atau menyampaikan sesuatu hal pada orang lain. Dan jika kamu belum bisa membuat pidato sendiri, kamu bisa mulai dengan belajar dari beberapa kumpulan contoh pidato yang kami lampirkan dibawah.

Sebagai permulaan kamu belajar, alangkah baiknya kamu bisa menambahkan atau mengembangkan dari hasil pemikiran kamu yang berkaitan dengan tema pidato tersebut.

Untuk contoh langsung kamu bisa lihat di bawah ini, dan sisanya kamu bisa download beberapa tambahannya di paling bawah!

CONTOH PIDATO HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Saudara-saudara sekalian!
Yang saya hormati Dosen Stai Darul Qalam Drs. Habibullah.
Yang saya hormati mahasiswa/ mahasiswi Stai Darul Qala.
Alangkah bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara Indonesia, pada hari ini! kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2007. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan "pendidikan dan pengajaran" pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek lain dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain. Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah-sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus-kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat "tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada". Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah "tri-nga"(tiga nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). "Nga" pertama adalah ngerti (memahami /aspek intelektual). "Nga" kedua adalah ngrasa (merasakan aspek afeksi), dan "nga" ketiga adalah nglakonin (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.

***

Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa selain contoh pidato Hari Pendidikan Nasional kamu juga bisa download contoh-contoh pidato lainnya. Tapi sebelumnya, bagi yang belum tahu cara download filenya, ikuti cara di bawah ini:

1. Kamu klik link download contoh pidatonya.
2. Kemudian kamu akan menemukan halaman baru adf.ly
3. Tunggu hitungan mundur 5 detik di sebelah kanan atas.
4. Setelah selesai klik SKIP ADD
5. Baru kamu bisa download contoh pidatonya.

Kumpulan Contoh Pidato:

Sambutan Tuan Rumah Tasyakuran Kelahiran Anak Pertama, download disini.
Sambutan Pada Rekan Yang menempati Rumah Baru, download disini.
Sambutan Pada Acara Ulang Tahun, download disini.
Sambutan Ketua Panitia Peringatan Nuzulul Qur'an, download disini.
Sambutan Ketua Panitia Peringatan Isra Mi'raj, download disini.
Sambutan Ketua Panitia Halal Bihalal, download disini.
Pidato Wakil pengantin Wanita dalam Pesta Pernikahan, download disini.
Pidato Wakil Pria dalam Pesta Pernikahan, download disini.
Pidato Panitia Reuni SMP, download disini.
pidato panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, download disini.
Pidato Memperingati Hari Kartini, download disini.
Pidato Memperingati Hari Ibu, download disini.
Pidato Acara Tasyakuran Sepulang Dari Haji, download disini.
Pidato Acara Tasyakuran Pemberangkatan Haji, download disini.
Pidato Acara HUT Kemerdekaan RI, download disini.
Contoh Pidato Tentang Mengajak Orang Menanam 1000 Pohon, download disini.
Contoh Pidato Tentang Globalisasi, download disini.
Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba, download disini.
Contoh Pidato Pengaruh Televisi Terhadap Siswa, download disini.
Contoh Pidato Pengaruh Internet Terhadap Remaja, download disini.
Contoh Pidato bahasa Inggris Singkat untuk Anak Sekolah, download disini.

Semoga Bermanfaat.

Sumber:
rizkythea.blogspot.com
isdaryanto.com
mycupu.com
Blog, Updated at: 11:03:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^