Jengkol - Kandungan Kalsium pada Jengkol

Written By Alfarqy on Wednesday, February 03, 2010 | 1:32:00 PM

Ada kandungan kalsium pada jengkol? Wah sepertinya ini adalah berita gembira bagi para pecinta kuliner jengkol, termasuk saya he..he.. merasa ada angin segar yang bertiup (weleh...) bahwa jengkol bukan hanya mengundang bau tak sedap saja yang biasa menjadi olok-olokan orang yang tidak suka jengkol tetapi selain sebagai pembangkit selera makan ternyata juga banyak sekali kandungan-kandungan yang dimiliki oleh jengkol.

Berdasarkan hasil penelitian, jengkol sangat baik bagi kesehatan tulang dengan kandungan kalsium yang tinggi, yaitu 140 mg/ 100 g. Kalsium sendiri dapat berfungsi untuk mengatur proses biologis dalam tubuh serta mampu membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk orang dewasa, mengkonsumsi kalsium (800 mg per hari) sangat perlu untuk menjaga kesehatan tulang. Sedangkan di masa pertumbuhan, kandungan kalsium sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat.

Dan tak hanya kalsium, ternyata jengkol juga memiliki kandungan gizi, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, zat besi, minyak atsiri, fosfor dan lain sebagainya. (wha, bagus..bagus..)

Beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan konsumsi jengkol adalah penderita diabetes, anemia dan sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Berdasarkan penelitian Soemitro (1987), senyawa aktif dalam kulit halus buah cenderung menunjukkan efek penurunan kadar gula darah yang besar, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Jadi, bagi kalangan menengah ke bawah untuk pemenuhan kebutuhan kalsium pada tubuh, daripada beli Susu kalsium yang pasti harganya sangat lumayan, mendingan mengkonsumsi jengkol (sebagai pengganti). Bagaimana?!

Source: mediaindonesia.com

nb: pas mau masukin gambar ke postingan sambil ngiler-ngiler aduh ngeliatnya....
Blog, Updated at: 1:32:00 PM

3 comments:

  1. wah.. ternyata yang bau-bau juga bisa bermanfaat ya.. nice info.. thx ya..

    ReplyDelete
  2. yo'i sama-sama, kayanya sama2 pecinta yang bau-bau ni? he..he..

    ReplyDelete
  3. hmm siapa bilang susu ama jengkol mahalan susu? sekarang ni jengkol 1 buahnya aja udah 500 perak... mana puas coba???

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^