Indonesia Akan Bangun Jembatan Terpanjang di Dunia

Written By Alfarqy on Tuesday, October 12, 2010 | 9:41:00 AM

Indonesia akan bangun jembatan terpanjang di dunia. Sudah pernah dengar kan, kalau setelah selesainya Jembatan Suramadu dibangun indonesia juga akan kembali membangun jembatan yang menghubungkan antara pulau jawa dan sumatera. Jembatan yang akan melintasi selat Sunda.


Seperti yang kita tahu, jarak antara kedua pulau besar ini sangatlah jauh. Jadi kalau proyek ini dapat terealisasikan, maka jembatan Selat Sunda ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan sekaligus menjadi rekor jembatan terpanjang di dunia.

Rencananya, jembatan yang panjangnya mencapai 29 kilometer ini akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang.

Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.

"Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami," kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.

"Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan." Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu. serta jembatan ini akan dilengkapi dengan rel kereta yang membentang di sepanjang jembantan.

Bila tak ada halangan jembatan ini akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025

Pria ini bernama Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata yang merupakan lulusan dari ITB tahun 1960. Kemudian mendapat gelar doktor pada 1992 dan gelar profesor pada 1995.

Proyek beken yang pernah dikerjakan laki-laki kelahiran Jakarta 1935 ini, antara lain Kota BNI yang pernah menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung-gedung perkantoran lain seperti, Bakrie Tower, Anggana Danamon (kini Sampoerna Strategic Square), Niaga Tower, Wisma Darmala, dan PSP Office Tower.

Di pembangunan hotel dan apartemen, Wiratman merancang Four Seasons Residential Apartments, Mal Ciputra, dan Hotel Aryaduta.

Wiratman juga perancang Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica, Banjarnegara, PLTA Merangin, PLTA Kusan, dan Pembangkit Gresik.

Yang tidak diduga, Wiratman juga perancang Telecommunication Tower dan Menara Jakarta. Menara Jakarta akan menjadi tower tertinggi di dunia dengan ketinggian 558 meter.

Dari hasil kajian yang dilakukan di Bangungraha, pembangunan jembatan sepanjang 29 kilometer ini sedikitnya akan menelan biaya Rp 100 triliun. Lama pembangunan diperkirakan mencapai 10 tahun.












Kalau seandainya benar-benar terealisasikan, kita akan sangat merasa bangga sekali.
Blog, Updated at: 9:41:00 AM

2 comments:

  1. keren bos... lanjutkan pembangunan demi kemajuan bangsa

    ReplyDelete
  2. saya berharap pembangunan ini bisa segera terlaksana, bukan sekedar wacana.

    ReplyDelete

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^