Waspada PSK Jajakan Seks di Facebook

Written By Alfarqy on Friday, February 11, 2011 | 8:50:00 AM

Waspada PSK Jajakan Seks di Facebook
Waspada PSK jajakan seks di Facebook - Niat yang baik tidak selalu berakhir dengan baik. Kita sering mendengar istilah tersebut. Pada awal mula situs jejaring sosial Facebook dibuat mungkin atas niat baik dari Mark Zuckerberg dkk agar semua manusia di belahan dunia manapun bisa berteman.

Meski pada Facebook sendiri mempunyai aturan main (Terms of Use Facebook), tapi niat tinggallah niat, Facebook sekarang bukan hanya dikenal sebagai situs pertemanan saja, bahkan kita di dalamnya bisa transaksi jual beli berbagai produk. Tapi itu bukan hal itu yang dimasalahkan. Masalahnya terjadi pada adanya transaksi jual beli seks yang makin merebak di Facebook ini.

Hal itu terbukti dengan maraknya para pekerja seks komersial (PSK) di New York, Amerika Serikat (AS) tersebut memanfaatkan besarnya anggota Facebook untuk menjalin komunikasi dengan 'pembelinya'. Bahkan sebuah studi terungkap para PSK itu mendapatkan 25 persen pelanggan dari Facebook.

Tingginya PSK yang menggunakan Facebook ini dipicu situs iklan Craiglist menutup layanan Erotic Services tahun lalu. Studi ini sendiri dilakukan seorang profesor sosiologi dari Columbia University, Sudhir Venkatesh. Dalam studinya yang dirilis di Wired Magazine, Venkatesh menganalisis trend profesi pelacur terutama di New York.

"Sebelum penutupan Craiglist, para PSK itu sudah menggunakan Facebook. Sebanyak 83 persen memiliki akun Facebook dan saya memperkirakan di akhir 2011, Facebook bakal menjadi tempat favorit untuk mendapatkan pelanggan," tulis Venkatesh, seperti dikutip, Jumat (11/2/2011).

Apalagi dengan kehadiran BlackBerry, para penjaja tubuh itu bisa dengan leluasa bekerja tanpa harus menjajakan diri di jalan-jalan. Mereka bahkan tidak lagi menggunakan jasa germo.

Temuan ini disesalkan sekaligus dibenarkan oleh pihak berwajib di Kepolisan New York, mereka menyebutkan sangat sulit memantau aktifitas yang sangat luas ini.

Facebook sendiri tidak memiliki kebijakan khusus terkait pelacuran. Tetapi yang jelas, Facebook menegaskan bahwa perusahaan menentang segala konten yang mengandung pornografi dan sejenisnya.
Blog, Updated at: 8:50:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Silahkan, ditunggu komentarnya! ^^